Senin, Maret 25, 2019

Mengenali Makna Insights Facebook

Yuk, Belajar Analisa Insights Facebook!


Selanjutnya, kita akan membahas tentang analisis Facebook, yang bisa membantu kita dalam mengoptimalkan strategi media social marketing & branding awareness. Saat melihat gambar grafik di atas, bagi sebagian orang, mungkin akan berpikir “Apa artinya ini dan untuk apa melihat grafik yang memusingkan seperti ini? Bukankah update status setiap hari saja sudah cukup untuk menjalankan media sosial?”.Jika pertanyaan tersebut ada dalam kepala, maka mulai sekarang hilangkan pemikiran tersebut.
Mengolah media sosial bukanlah hanya semata-mata “yang penting update status”, melainkan juga butuh strategi untuk menjalankan konten di dalamnya. Kita bahas Facebook terlebih dahulu. Media sosial ini masih memimpin sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Media sosial buatan Mark Elliot Zuckerberg pada Februari 2004 ini sangat cocok bagi kamu yang mengembangkan branding, karena Facebook tidak mengenal batasan jumlah fans dan memiliki Insights yang memungkinkan Anda melakukan analisis guna mencapai tujuan dan target konten yang tepat sasaran.
            Bagaimana cara melihat Insights/analitik Facebook dan apa maksud grafik dalam tiap bagian Insights ini? Caranya cukup mudah. Saat kita sudah memiliki fanspage, kita bisa memilih menu Insights dan akan menemui beberapa grafik serta istilah berikut ini. (Note : klik gambarnya kalau kurang jelas ya!)

Bagian
Makna
Action on Page
Berapa jumlah klik di info kontak atau call to action button. Info kontak ini bisa berupa nomor telpon, website, dll. Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.
Page Views
Berapa kali page profile atau fanspage kita dilihat sama orang. Jumlah orang yang mengunjungi fanspage kita. Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.
Page Previews
Berapa kali orang meninjau/menggerakan fanspage kita (berapa kali orang melihat konten fanspage kita). Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.
Page Likes
Berapa jumlah orang baru yang nge-like fanspage kita. Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.
Reach
Berapa jumlah orang yang melihat postingan kita, baik orang itu masuk di fanspage kita atau postingan kita masuk di halaman beranda Facebook mereka. Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.
Recommendations
Berapa kali orang merekomendasikan fanspage kita. Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.
Post Engagements
Berapa kali orang terlibat dengan postingan kita (baik like, komentar, atau share, dll). Jumlah orang berinteraksi dengan postingan kita. Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.
Page Responsiveness
Berapa persen message/inbox/pesan yang kita tanggapi. Waktu respons : waktu rata-rata yang diperlukan untuk menanggapi pesan tersebut. Analitik ini hanya dapat dilihat per hari.
Videos
Berapa kali video kita diputar/dimainkan (min. selama 3 detik). Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.
Page Followers
Berapa orang baru yang mem-follow/mengikuti fanspage kita. Analitik ini dapat dilihat per hari, per minggu, dan per 28 hari.

Penasaran siapa saja yang jadi audience kita selama ini?
Selanjutnya, bagaimana cara melihat siapa saja yang menjadi fans, pengikut, pengomentar, dan penonton (audience) fanspage kita? Kita bisa mulai mencari tahu siapa aja sih audience kita selama ini dengan cara masuk bagian Insights – People.
Dengan mengetahui demografi ini, kita dapat menentukan konten apa yang cocok untuk kita pergunakan. Selanjutnya, buatlah topik dan konten yang sesuai dan berikan value/nilai kepada si audience dengan memperhatikan kembali beberapa hal (baca : hal yang perlu diperhatikan saat membuat konten media sosial). Jika kita sudah berhasil mengimplementasikan konten yang tepat, maka kita dapat “mendulang” trafik yang hasilnya cukup signifikan.


Berdasarkan data Fans di atas, audience yang telah menyukai (like) di fanspage kita adalah 32% perempuan dan 67% laki-laki dengan mayoritas rentang umur 25-34 tahun. Adapun rentang usia terbesar lainnya berada di kisaran 35-44 tahun. Mungkin akan timbul pertanyaan di benak kalian, apakah hanya mereka saja yang selama ini mengikuti dan membaca postingan fanspage kita? Eits, tunggu dulu!
            Dalam grafik ini terdapat Fans, Followers, Reached, dan Engaged, dimana hasil grafik ini belum tentu semuanya memberikan hasil yang sama. Contohnya saja, saat kita melihat di grafik Reached.


Berdasarkan data Reached di atas, audience yang telah melihat dan menjangkau postingan kita adalah 24% perempuan dan 76% laki-laki dengan mayoritas rentang umur 25-34 tahun. Adapun rentang usia terbesar lainnya berada di kisaran 18-24 tahun. Mungkin akan timbul pertanyaan lagi di benak kalian, apakah hanya mereka saja yang selama ini menanggapi (baik like, comment, dan share) postingan kita? Eitsss, tunggu lagi! Coba kita lihat lagi di grafik Engaged yang akan menggambarkan siapa saja yang sudah berinteraksi dengan kita dalam bentuk memberi like, comment, dan share postingan kita.


Nah, dari data Engaged di atas, audience yang telah menanggapi postingan kita adalah 20% perempuan dan 80% laki-laki dengan mayoritas rentang umur 18-24 tahun. Adapun rentang usia terbesar lainnya berada di kisaran 25-34 tahun dan disusul oleh rentang usia 35-44 tahun. Dari sinilah kita bisa menentukan topik dan konten apa yang cocok untuk audience kita. Selanjutnya, evaluasilah feedback yang kamu dapatkan dari topik dan konten yang telah dibuat. Apakah audience merasa puas dan memberikan feedback positif, atau justru malah memberikan feedback yang negatif
            Selain rentang umur, persentase gender antara laki-laki dan perempuan, di dalam Insights ini juga menyertakan lokasi mana saja yang menjadi Fans, Followers, Reached, dan Engaged kita. Contohnya seperti tampilan di bawah ini.


Jam berapa yang tepat untuk posting di Facebook?
Selain bisa melihat siapa audience kita selama ini, kita juga bisa mengamati waktu/jam dimana para audience kita sedang online/sedang memainkan media sosialnya. Hal ini sangat berguna untuk menentukan waktu yan tepat & efektif untuk membagikan konten atau posting di media sosial khususnya di Facebook.
Di Insights ini, kita bisa melihat kapan audience tengah online, pukul berapa, dan hari apa saja. Dengan begitu, kita bisa membuat jadwal yang paling cocok untuk membagikan konten di Facebook. Setelah mengetahui waktu yang pas, kita bisa memanfaatkan fitur Scheduled Post untuk menjadwalkan postingan konten kita, tanpa harus posting secara manual.


Dari data di atas, bisa didapatkan bahwa audience kita -mayoritas- tengah online atau memainkan Facebook pada pukul 13.00 (jam 1 siang) hingga 1.441 audience, lalu disusul dengan jam 19.00 (jam 7 malam) hingga 1.436 audience. Selain itu, berdasarkan data tersebut, kita dapat mengetahui bahwa audience hampir setiap hari aktif memainkan Facebook dan paling banyak menggunakan Facebook di hari Jumat.
Dengan mendapatkan data-data tersebut di atas, kita bisa mulai mengatur strategi mulai dari pembuatan konten hingga proses posting di Facebook secara lebih efektif dan efisien. Jangan lupa untuk mengevaluasi kembali konten dan postingan kita, baik berupa feedback positif dan negatif. Manfaatkan fitur-fitur yang ada untuk mengetahui jenis konten seperti apa dan apakah konten yang kita bagian memberikan efek pengaruh kepada audience seperti yang kita harapkan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenali Makna Insights Facebook

Yuk, Belajar Analisa Insights Facebook! Selanjutnya, kita akan membahas tentang analisis Facebook, yang bisa membantu kita dalam m...