Selasa, April 18, 2017

Sistem Absensi Berbasis Android Ini Mudahkan Karyawan Mobile



Seiring berkembangnya zaman, cara bekerja model lama sedikit demi sedikit tergantikan dengan revolusi mobile. Bekerja secara mobile dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kolaborasi antar karyawan. Menurut hasil riset berjudul Mobility, Performance and Engagement oleh The Economist Intellegence Unit (EIU) menunjukkan bekerja secara mobile memberikan lingkungan kerja optimal. Sebesar 60% karyawan mengatakan teknologi mobile membuat mereka lebih produktif, 45% yakin bahwa teknologi mobile dapat meningkatkan kreativitas. International Data Corporation (IDC), lembaga riset dari Amerika Serikat (AS) pun menyatakan pertumbuhan mobilitas dalam perusahaan sebagai upaya untuk mendorong karyawan bekerja lebih efisien agar mampu bersaing di dunia usaha.
Saat ini, karyawan mobile yang bekerja di lapangan dan berpindah-pindah lokasi kerja mengalami kesulitan dalam melakukan scan kehadiran. Karyawan mobile tersebut harus mengurangi waktu kerjanya di kantor untuk melakukan scan absensi. Hal tersebut membuat waktu kerja karyawan mobile akan bernilai kurang efisien. Selain itu, HRD yang masih sering kewalahan dalam menangani berkas-berkas izin karyawan dan atasan yang tidak dapat memantau tingkat kedisiplinan karyawannya secara langsung dapat menurunkan produktivitas kerja.
Oleh karena itu,  Fingerspot merilis produk baru bernama EZCloud. EZCloud adalah aplikasi absensi berbasis android yang efektif dalam memantau kegiatan absensi karyawan secara praktis, cepat, kapan pun dan di mana pun. EZCloud mendukung mobilitas karyawan yang sering berpindah-pindah lokasi kerja untuk mengefisiensikan waktu scan absensi melalui fitur scan GPS dari ponsel karyawan. EZCloud didesain khusus untuk mesin absensi Fingerspot dan aplikasi Fingerspot Personnel. Fingerspot Personnel adalah aplikasi personalia dan penggajian yang dirancang untuk kebutuhan konsumen di Indonesia.

EZCloud memberikan kemudahan dalam memantau laporan absensi harian karyawan seperti kehadiran, ketidakhadiran karyawan beserta alasannya, izin, pulang cepat, istirahat berlebih, dan karyawan yang terlambat. Selain itu, data rekapitulasi tindakan indisipliner dan ketidakhadiran dapat dimonitoring oleh HRD dan atasan. Data rekapitulasi ditampilkan dalam bentuk grafik dan persentase yang dapat memberikan gambaran perbandingan tingkat indisipliner dan ketidakhadiran karyawan, sehingga HRD dan atasan dapat melihat tingkat kedisiplinan karyawan. Hal ini dapat membuat HRD dan atasan membuat strategi dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja karyawan.
Tidak hanya itu, karyawan dapat mengajukan izin secara mandiri dan persetujuan izin tersebut dapat tertangani lebih cepat melalui aplikasi EZCloud. Data karyawan kehadiran dapat dilihat secara praktis melalui ponsel tanpa perlu membukanya di aplikasi Fingerspot Personnel. Data karyawan yang izin juga dapat dilihat melalui menu Izin, di mana izin karyawan pada hari ini, kemarin, dan besok dapat dilihat secara langsung.

Dengan EZCloud, semua masalah absensi akan tertangani dan terpantau lebih cepat. Lebih cepat respon diberikan, persentase ketidakdisiplinan karyawan (terlambat, tidak hadir, pulang lebih cepat, istirahat berlebih) dapat diminimalisasi. Sudah seharusnya perusahaan memberikan dukungan karyawannya dalam rangka peningkatan produktivitas kerja melalui teknologi mobile. Selain dapat meningkatkan produktivitas kerja, kualitas kerja karyawan pun akan lebih meningkat melalui penggunaan teknologi mobile.

Sumber : www.fingerspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenali Makna Insights Facebook

Yuk, Belajar Analisa Insights Facebook! Selanjutnya, kita akan membahas tentang analisis Facebook, yang bisa membantu kita dalam m...