Selasa, April 18, 2017

Teknologi Mobile untuk Masa Depan

     Semakin bertambahnya tahun, teknologi semakin canggih dan menjamur di sekitar kita. Salah satunya adalah penggunaan komputerisasi untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan. Yang dulunya dikerjakan secara manual sekarang dikerjakan dengan komputer yang lebih efektif, efisien, dan mudah. Apalagi dengan hadirnya smartphone dan tablet yang mudah serta ringan dibawa ke mana-mana, tugas yang didapat bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun. Informasi yang mudah didapatkan dengan berselancar di internet juga membuat tugas bisa diselesaikan dengan tepat, akurat, dan cepat.
Saat ini sedang tren penggunaan teknologi mobile di banyak perusahaan. Teknologi yang menggunakan mobile phone ternyata memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan. Menurut hasil survei global dari The Economist Inteligence Unit (EIU), menyatakan adanya peningkatan produktivitas (16%), kreativitas (18%), kepuasan (23%), dan loyalitas (21%) daripada perusahaan yang tidak menggunakan teknologi mobile. Laporan dari 1.865 karyawan yang disurvei secara global juga mengungkapkan bahwa mereka merasa teknologi mobile dapat membuat lingkungan kerja yang optimal. Selain itu, teknologi ini memiliki dampak positif pada hasil-hasil bisnis.
“Saat ini, sebagian besar perusahaan dan karyawan memahami bahwa pendekatan mobile-first bisa berguna bagi bisnis mereka. Kesempatan dan tantangannya adalah memadukan tuntutan karyawan untuk bekerja dari jarak jauh dengan kerja sama tim,” ujar VP of Marketing Aruba Chris Kozup.
Sebanyak 42% perusahaan menggunakan sarana-sarana kolaborasi digital yang ada di ponsel untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Kemudian, sekitar 49% responden menyatakan teknologi mobile memiliki dampak besar pada produktivitas mereka. Ditambah lagi dengan kemampuan berkolaborasi secara efektif menjadi faktor penting meningkatnya kreativitas. Contohnya dengan menggunakan aplikasi messaging seperti Whatsapp untuk berkomunikasi antar tim dari jarak jauh.
Namun, apa jadinya bila karyawan mobile (karyawan yang berpindah-pindah lokasi kerja seperti sales, sopir, pengirim barang, dll) sulit direkap laporan kehadirannya? Apakah harus datang ke kantor dulu untuk scan kehadiran? Tentunya akan memakan waktu bila karyawan tersebut sedang bekerja di tempat yang jauh.
Oleh karena itu, sekarang telah hadir aplikasi yang mendukung mobilitas karyawan, yaitu EZ Cloud. Dengan aplikasi ini, karyawan dapat melakukan scan kehadiran melalui smartphone karena terdapat fitur scan GPS (scan kehadiran sesuai lokasi) dan selfie photo sebagai bukti karyawan berada di lokasi. Selain itu, admin HRD pun dapat mengecek laporan kehadiran karyawan dari mesin absensi yang telah terdaftar di EZ Cloud melalui smartphone. Ingin tahu seperti apa aplikasinya? Anda bisa mengunduhnya di Playstore sekarang juga. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi showroom atau tim CSO kami via chat di www.fingerspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenali Makna Insights Facebook

Yuk, Belajar Analisa Insights Facebook! Selanjutnya, kita akan membahas tentang analisis Facebook, yang bisa membantu kita dalam m...